Belajar Asyik dengan Portal Rumah Belajar. Belajar di mana saja, kapan saja ,dan dengan siapa saja

Minggu, 29 Januari 2023

AKSI NYATA CALON GURU PENGGERAK MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF


 LAPORAN AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

LINA LISTIANA, S.Pd.SD

CGP ANGKATAN 7 KOTA KEDIRI

Fasilitator: Bapak H. Sumarin S.Pd.MPd

Pengajar Praktik : Ibu Nurhajati

 

JUDUL AKSI NYATA

“DISEMINASI PENERAPAN BUDAYA POSITIF
SD NEGERI MOJOROTO 4 KOTA KEDIRI”

Salam dan Bahagia Bapak/Ibu Guru hebat di seluruh Indonesia. Pada kesempatan ini, penulis akan memaparkan kegiatan aksi nyata yang telah dilakukan sebagai salah satu pemenuhan tugas pada Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 Modul 1.4 Budaya Positif.

LATAR BELAKANG

Seorang guru memiliki peran penting untuk membangun atau mewujudkan budaya positif di kelas dan sekolah. Sekolah merupakan rumah kedua bagi murid, oleh karena itu sebagai guru kita harus mampu menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, sehat, dan menginspirasi murid dalam pembentukan karakter yang positif.


Budaya positif merupakan nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, kebiasaan-kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid agar murid dapat berkembang untuk menjadi pribadi yang kritis, penuh hormat, dan bertanggung jawab. Salah satu unsur utama budaya positif adalah disiplin positif sebagai wadah menciptakan budaya positif yang berhubungan dengan tercapainya tujuan pendidikan sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara.


Budaya positif dapat diciptakan mulai dari lingkup terkecil yaitu kelas. Didalam kelas guru dan murid dapat membuat kesepakatan kelas berdasarkan nilai-nilai kebajikan universal. Kesepakatan kelas inilah yang disebut dengan keyakinan kelas. Dengan adanya keyakinan kelas maka semua warga kelas akan bersama-sama mengupayakan untuk menjalankannya, yang tentu saja menjadi awal baik untuk penerapan budaya positif di sekolah.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membiasakan budaya positif adalah dengan mendiskusikan keyakinan kelas serta menerapkan proses segitiga restitusi. Dengan mengikuti Langkah-langkah restitusi guru bisa membimbing siswa untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka, menyadari kesalahan dan mencari solusi yang aman.


TUJUAN

Adapun tujuan dalam tindakan aksi nyata ini adalah sebagai berikut:

·     Terwujudnya visi sekolah melalui penerapan budaya positif.

·     Menciptakan murid yang merdeka dan disiplin yang kuat.

·     Mewujudkan keberanian murid untuk menyampaikan ide-ide tentang kelas idaman.

·     Menumbuhkan budaya positif di sekolah dengan meyakini nilai-nilai kebajikan universal.

·     Menumbuhkan budaya positif dalam diri murid berdasarkan motivasi intrinsik.

 

TOLOK UKUR

Untuk mengetahui sejauh mana kegiatan ini sudah dilakukan dan untuk mengontrol kegiatan agar tetap terarah pada tujuan yang sudah ditetapkan, maka tolok ukur yang digunakan adalah sebagai berikut:

·     Terbentuknya keyakinan kelas melalui kegiatan kesepakatan kelas yang dilakukan wali kelas dan siswa

·     Siswa mampu membuat keyakinan kelas sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila

·     Siswa mampu melaksanakan keyakinan kelas yang telah dibuat bersama secara sadar dan tanpa paksaan secara berkelanjutan dan konsisten.

 

LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN

·     Berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk menjelaskan pentingnya penanaman budaya positif dan keyakinan kelas di sekolah serta meminta izin untuk mendiseminasikan bersama rekan guru.

·     Melakukan diseminasi pemahaman materi budaya positif (keyakinan kelas dan segitiga restitusi) kepada kepala sekolah, rekan guru, tenaga pendidik , penjaga sekolah.

·     Berkoordinasi dan berkolaborasi dengan wali kelas lain untuk membuat keyakinan kelas masing-masing.

·     Memantau, merefleksi, dan mengevaluasi keyakinan kelas yang telah dibuat.

·     Mendokumentasikan setiap kegiatan sebagai bahan refleksi pembiasaan budaya positif menuju Profil Pelajar Pancasila

 

DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

·     Dukungan dari kepala sekolah, rekan guru, tenaga kependidikan, dan penjaga sekolah serta murid agar tindakan yang telah disusun dapat dilakukan secara lancar dan menyeluruh.

·     Sarana dan prasarana untuk menumbuhkan budaya positif di sekolah.

·     Orang tua atau wali murid dalam hal penerapan budaya positif di rumah dan lingkungan masayarakat sehingga dapat menjadi teladan bagi murid.


DESKRIPSI AKSI NYATA

Kegiatan aksi nyata diawali dengan membuat keyakinan kelas bersama murid kelas 6A SD Negeri Mojoroto 4. Kegiatan ini diikuti anak-anak dengan semangat dalam menuliskan nilai-nilai yang mereka yakini untuk menciptkan budaya positif terutama di kelas 6A. Kegiatan selanjutnya adalah diseminasi Budaya Positif yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Januari 2023 di SD Negeri Mojoroto 4 Kota Kediri.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah dan rekan guru SD Negeri Mojoroto 4. Dalam kegiatan diseminasi ini, penulis menginformasikan pemahaman tentang 7 konsep utama modul 1.4 Budaya Positif yaitu perubahan paradigma belajar, disiplin positif, motivasi perilaku manusia, kebutuhan dasar manusia, posisi kontrol guru, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Peserta diseminasi sangat antusias dalam menyimak paparan materi yang disampaikan. Untuk kedepannya, penulis akan mengajak rekan guru utamanya guru kelas untuk membuat keyakinan kelas di kelasnya masing-masing. Dan menerapkan segitiga restitusi demi terwujudnya budaya positif di sekolah.

 

HASIL DARI AKSI NYATA

Hasil dari aksi nyata yang telah dilakukan yaitu terbentuknya keyakinan kelas dan menumbuhkan pemahaman kepada rekan guru tentang budaya positif, dimulai dari menerapkan disiplin positif dengan restitusi. Hasil aksi nyata bisa dikatakan berhasil, jika dilakukan secara berkelanjutan. Murid akan menjadi insan yang mandiri, merdeka, dan bertanggung jawab.

 

DOKUMENTASI KEGIATAN

·        MEMBUAT KEYAKINAN KELAS

        Foto Kegiatan















       Video Membuat Keyakinan Kelas Bersama Murid Kelas 6A

        Berikut ini link video dalam membuat keyakinan kelas 6A

        https://drive.google.com/file/d/11b_nHuGrRCxYjoHwESfz_1o3LfmzHrcG/view? usp=share_link

              


·        DISEMINASI PENERAPAN BUDAYA POSITIF

        Foto Kegiatan 



 

Berikut ini link video Diseminasi Penerapan Budaya Positif di SDN Mojoroto 4 Kota Kediri

           https://youtu.be/PYfxpGw1r5c



   

        GURU BERGERAK, INDONESIA MAJU

        SALAM DAN BAHAGIA

        TERIMAKASIH



1 komentar: